Harga Getah Karet Anjlok, Petani Terpuruk


TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Harga Getah Karet di Kecamatan Rimbo Bujang dan sekitarnya makin tak memihak pada petani, buktinya yang sebelumnya harga hanya kisaran Rp. 10 atau Rp 11 Ribu/kg juga membuat para petani resah, malahan dalam sepekan ini harga makin terjun bebas  menjadi Rp 6 Ribu/kg, akibatnya para petani karet semakin susah hidupnya dalam mencukupi kebutuhan sehari hari.

Didik, warga Desa Rimbo Mulyo Kecamatan Rimbo Bujang saat ditemui Teboonline.com (8/5) menuturkan, Harga karet saat ini makin tak tentu, harga Getah Karet malah makin menurun hingga Rp 6 ribu/kg.

“Dampak  harga Karet yang semakin menurun tersebut, memang benar-benar dirasakan para petani, lantaran harga Karet yang hanya Rp 6 Ribu/kg itu tidak seimbang dengan harga kebutuhan pokok sehari hari yang harganya makin hari makin  naik,” ungkap  didik.

Lanjutnya,  anak-anaknya juga terancam tidak bisa meneruskan kuliah kalau harga getah yang merupakan satu satunya sumber penghasilan petani semakin turun tersebut, sebab dengan harga Rp 10-11 Ribu/kg saja kami masih kesusahan apalagi saat ini hanya Rp 6 Ribu/kg tentu tidak cukup membeli beras 1 kg.

“Jadi  apakah harga tak menentu seperti ini, Pemerintah daerah  tak ambil peduli lagi dengan kami, apakah pemerintah tak ada cari solusi agar harga getah petani ini dapat naik kembali, sebab harga karet stabilnya kisaran  Rp 14-15  ribu/kg,” imbuhnya

Sementara itu ditempat berbeda, Aven,pemilik gudang getah karet terbesar yang ada di Desa Rimbo Mulyo Kecamatan Rimbo Bujang juga mengatakan harga diprediksi akan terus menurun.

“Kami  hanya mampu membeli Getah Karet dari Tengkulak kisaran Rp 8 Ribu/kg, tentunya para Tengkulak ini membeli dari petani kisaran Rp 5 sampai Rp 6 Ribu/kg karena ditambah biaya  oprasional,” ujar  aven

Ditambahkanya, bahkan dari informasi yang kami dapat dari pabrik-pabrik besar yang ada di Kabupaten Bungo, harga akan terus mengalami penurunan hingga pasca lebaran pada Juli mendatang seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Informasinya  hingga habis lebaran nanti harga getah karet akan terus mengalami penurunan seperti tahun-tahun  sebelumya”tukasnya. (go)

Related News