Calon Pelanggan PLN Keluhkan Lamanya Pemasangan Listrik


TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG – Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus meningkatkan mutu pelayanan pelanggan. Salah satunya dengan adanya program pemasangan langsung bagi pelanggan yang ingin menjadi pelanggan. Sayangnya dari program ini, banyak calon pelanggan yang mengeluhkan lamanya pemasangan baru tersebut.

Sesuai prosedur, untuk pemasangan baru calon pelanggan harus mendaftar sendiri melalui Website PLN di www.pln.co.id, setelah mendapatkan formulir, calon pelanggan diwajibkan melakukan pembayaran yang dapat dilakukan melalui Kantor Pos maupun transfer Bank, setelah itu formulir dan bukti pembayaran tadi dilengkapi lagi dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP), diserahkan ke bagian pendaftaran di PLN.

Setelah memasukan bahan tersebut, calon pelanggan diminta menunggu beberapa hari. Setelah dilakukan survey, nanti calon pelanggan diminta untuk datang menandatangani berkas sebelum dilakukan pemasangan. Waktu inilah yang bisa tidak menentu, bisa berhari-hari, berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan.

"Saya sudah memasukan bahan hampir satu bulan, tapi sampai sekarang belum ada petugas datang, jangankan petugas, telefon pun belum ada," ujar salah satu calon pelanggan yang enggan disebutkan namanya.

Sementara itu, Manajer PLN Rayon Rimbo Bujang Oliver Edwin Poltak Sitorus mengatakan semua pemasangan baru yang masuk ke PLN melalui prosedur. Baik itu pelanggan langsung yang datang sendiri maupun yang dibawa oleh Instalatir, mendapat pelayanan yang sama.

Menurutnya tidak ada instalatir yang dapat mempercepat pemasangan, sebab keluar tidaknya KWH ditentukan oleh PLN. Dalam setiap pemasangan baru berkas pelanggan sudah memenuhi syarat dan tidak ada kendala dalam jaringan tentu akan langsung dipasang.

"Kan yang tahu jaringan bermasalah atau tidak dan yang mengeluarkan KWH adalah PLN, kalau tidak ada masalah dan KWH sudah keluar tentu akan langsung dipasang, baik yang melalui instalatir maupun pelanggan langsung tidak dibeda-bedakan," tegas Poltak.

Juga dijelaskan, untuk pemasangan baru, setelah berkas pelanggan masuk akansegera dilayani paling lama 5 lima hari, itu kalau tidak ada masalah. Tapi jika ada masalah seperti jaringan overload, maka waktu pemasangan akan memakan waktu lebih lama, bisa hingga 15 hari hingga satu bulan.

"Tergantung material untuk memperbaiki jaringan yang bermasalah itu. Jadi kalau jaringan bermasalah, melalui instalatir pun juga akan lama," pungkasnya. (crew)

Related News