269 SD Siap Gelar US

Ilustrasi
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Ujian Nasional (UN) Sekolah Dasar (SD) tahun ini resmi dirubah menjadi Ujian Sekolah (US). Kendati diganti, sistem pelaksanaannya tetap sama, hanya saja untuk menentukan kelulusan berada pada masing-masing sekolah, hal ini diungkapkan Kadisdikbudpora melalui Kasikurikulum, Abrar, Kamis (15/5).

"Iya, Ujian Nasional 19 Mei nanti diganti dengan Ujian Sekolah, tapi pelaksanaannya masih tetap sama," terangnya.

Dikatakannya, yang membedakan antara UN dengan US terletak pada tingkat kelulusannya. Jika, UN sebelumnya kelulusan ditentukan oleh pusat, maka US kali ini diserahkan kepada masing-masing sekolah, tentunya hal tersebut harus sesuai dengan Prosedur Operasional Standar (POS) ujian akhir SD.

"Ujian kali ini, Kelulusannya Sekolah yang menentukan," tukasnya.

Abrar menjelaskan, untuk tahun ini peserta US terdiri dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) serta Sekolah Dasar (SD) dengan jumlah 269 sekolah. Untuk siswanya sendiri, MI Negeri 103 peserta, Swasta 345 peserta, total 448 peserta. Sementara, untuk SD Negeri laki-laki 3100 peserta, wanita 2944 peserta total 6044 peserta serta SD Swasta sebanyak 61 peserta.

"Jumlah sekolahnya 269 dan total 6105 peserta, dengan rincian pria 3136 dan wanita 2969 siswa," jelasnya lagi.

Lanjutnya, untuk persiapan US tetap sama dengan UN SMP, hanya saja untuk soalnya tidak dari pusat melainkan soal digodok ditingkat provinsi Jambi dengan presentase 25 persen dari Kabupaten dan 75 persen provinsi jambi.

Selain itu, Ujian SD tidak menggunakan pengawas Provinsi maupun pengawas dari Independent. Pihaknya, akan menurunkan Pengawas dari UPTD dan pengawas secara silang yang berasal dari lain sekolah.

"Pengawasan US dilakukan secara silang dari lain sekolah," pungkasnya. (nug)

Related News