Pasca Tewasnya Buruh Bangunan Masjid Agung, Arif : Beri Sanksi Teguran dan Peringatan


TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Pasca terjadinya kecelakaan kerja yang menyebabkan tewasnya buruh pekerja bangunan Masjid Agung (Islamic Center_red) dij alan lintas Tebo Bungo KM 3 Kecamatan Tebo Tengah, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Tebo akan panggil pihak rekanan dalam hal ini  PT. NINDYA KARYA dan sekaligus memberikan sanksi berupa teguran serta peringatan.

Hal tersebut ditegaskan Kepala DPU Tebo, Arif Makruf Dachlan saat diwawancara sejumlah Wartawan di ruang kerjannya Kamis (3/4) kemarin. Dalam penegasannya, Arif menyayangkan terhadap rekanan PT.NINDYA KARYA tidak memperhatikan keselamatan para pekerjanya, ini terbukti buruh pekerja yang terjatuh dari pondasi bagian atas Masjid Agung tidak dilengkapi standard pengaman kerja seperti (Septi Belt_red) atau pengaman jenis lainnya seperti jaring pengaman.

"Benar kita akan panggil rekanan PT.NINDYA KARYA dan berikan sanksi teguran dan peringatan "tegas Arif.

Dilanjutkannya, lebih jauh lagi PT.NINDYA KARYA sebelumnya sudah pernah diberikan pengarahan oleh DPU dalam rapat saat itu, apabila proyek pekerjaan Masjid Agung sudah dimulai, diharapkan selalu memperhatikan keselamatan para buruh pekerja, pasalnya setiap pekerja pasti beresiko namun resiko itu bisa diantisipasi dengan meminimalisir kecelakaan yang bersifat fatal dengan cara brifing sebelum kerja agar pekerja tidak lalai serta menggunakan standard alat keselamatan kerja.

Seperti diberitakan sebelumnya, buruh pekerja bangunan Masjid Agung (Islamic Center) Alm.Slamet Purwadi (33) warga karang Papak Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi, propinsi Jawa Barat, ketika akan melakukan pemasangan Mal Cor Slop pondasi bagian atas Masjid Agung sebelah barat.

Saat korban melintas diatas Mal Coran pondasi atas tiba-tiba saja mal terbuat dari kayu papan yang diinjaknya terlepas dan terpeleset sehingga korban pun tak dapat berpegangan atau menyelamatkan diri dan terjatuh diatas ketinggian ± 9 Meter tanpa dilengkapi SEPTI BELT dan kepalanya membentur bagian lantai bagian bawah Masjid sehingga mengalami luka pecah dibagian kepala dan luka memar dibagian kaki. (ard)

Related News