Harga Getah Kembali Anjlok Capai Rp 4.500

Warga saat motong Getah Karet
TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Harga komoditi getah karet di Kecamatan Rimbo Bujang kembali mengalami penurunan harga menjadi Rp 4.500. Sebelumnya, dua pekan terakhir harga getah karet masih di kisaran harga Rp 7 Ribu untuk perkilonya.

Salah seorang petani karet di Kecamatan Rimbo Bujang, Arjo membenarkan adanya penurunan  harga getah karet. Menurutnya, harga getah karet mulai turun di pasaran dalam sebulan terakhir ini.

“Harga ini cukup membuat kami mengeluh sebagai petani karet, maklum berkebun karet merupakan mata pencaharian utama kami," jelas Arjo, Minggu (27/4).

Dikatakannya, sebenarnya untuk harga bervariasi tergantung dari tengkulaknya masing-masing. Saat ini harganya ada yang Rp 4.500 dan ada yang 5.500. Namun, tidak ada yang melebihi harga 8 ribu, kecuali harga lelang. "Kemungkinan kalau harga lelang masih 8 Ribu," ucapnya.

Arjo berharap, dengan adanya penurunan harga getah ini tidak berlangsung lama. Pasalnya, jika kondisi tetap bertahan seperti ini petani akan terus menjerit ditengah - tengah harga kebutuhan yang
semakin mahal.

Parmen, petani getah sekaligus pengumpul getah di Kecamatan Rimbo Bujang mengungkapkan hal yang sama. Dikatakannya, harga getah untuk saat ini sedang tidak stabil. Pasalnya, turunnya harga getah ini sudah terjadi selama dua pekan. 

"Turunnya harga getah karet berdasarkan harga getah karet di pabrik yang juga turun," tukasnya.

Diungkapkannya, dengan harga yang cenderung murah petani mengeluhkan. “Apalagi harga yang murah ditambah pula dengan hasil getah yang kurang maksimal,” ungkapnya. (crew)

Related News