3 TPS Di Mangun Jayo Terancam Pemilihan Ulang

Warga Mangun Jayo datangi Kantor Panwaslu Tebo
tuntut Pemilihan Ulang
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO -  PPK Kecamatan Tebo Tengah Selasa (15/4) melakukan Pleno, hanya saja dalam pleno tersebut diputuskan untuk menunda pleno hasil Pemilu Pileg di Dapil 2. Yakni di Desa Mangun Jayo Kecamatan Tebo Tengah. Pasalnya kuat dugaan ada 3 TPS melakukan pelanggaran berupa pencoblosan yang dilakukan berkali-kali sehingga timbul kesan dan opini, banyak DPT Ganda.

Akibatnya, pada malam kemarin, Kantor Panwaslu Tebo dikepung puluhan warga. Dimana pengepungan tersebut dikarenakan warga dan simpatisan tidak menerima atau menolak hasil Pemilu Pileg di Desa Mangun Jayo karena ada pemilih yang menggunakan hak pilih lebih dari satu kali coblos.

Ketua Panwaslu Kabupaten Tebo, Yuli Astuti saat dikonfirmasi mengakui, dalam Pleno PPK Kecamatan Tebo Tengah, untuk Desa Mangun Jayo di pending. Dimana untuk desa tersebut akan dilakukan pleno tersendiri sebelum pelaksanaan pleno di KPU.

"Kemungkinan besar akan dilakukan pemilihan ulang di Desa Mangun Jayo, di TPS 1,2, dan 3. Karena saksi-saksi sudah memberikan keterangan, Untuk TPS 4,5,6 dan 7 tidak dilakukan pemilihan ulang," terangnya, Selasa (15/4).

Lanjutnya, pihak Panwaslu akan merekomendasikan kepada KPU Tebo untuk dilakukan pemilihan ulang. Dimana rekomendasi tersebut disampaikan atas dasar laporan dan hasil pengawasan serta menanggapi aksi puluhan warga Mangun Jayo yang mendatangi Kantor Panwaslu dengan tujuan meminta agar  pemilihan diulang.

"Kita akan rekomendasikan KPU Tebo untuk melakukan pemilihan ulang. Dan jika memang menyalahi aturan, maka kemungkinan besar pemilihan akan diulang di 3 TPS tersebut," tegasnya.(ard)

Related News