1.981 Mata Pilih Ada Di Tengah Hutan

TEBOONLINE.COM, TUJUHKOTOILIR – Pemilihan umum 9 April mendatang bakal diselenggarakan hingga ke seluruh pelosok Indonesia. Di Kabupaten Tebo ada satu wilayah yang termasuk daerah pelosok, yakni di Sentano, Desa Balai Rajo, Kecamatan Tujuh Koto Ilir.

Jarak wilayah tersebut sekitar 30 kilometer di seberang Sungai Batang Hari dari Pusat Kantor Camat Tujuh Koto Ilir. Wilayahnya berada di tengah Hutan Tanaman Industri (HTI), dekat dengan perbatasan Provinsi Riau.

Namun demikian, mata pilih cukup banyak mencapai 1.981 mata pilih. Suara tersebut nantinya akan ditentukan di 5 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 3 dusun, yakni Sentano di kilometer 30, Sentano Mukti di kilometer 27, dan Klumpang Jaya.

Camat Tujuh Koto Ilir, Izhar, dikonfirmasi membenarkan kondisi TPS di lokasi tersebut. Menurutnya, seluruh TPS tersebut dikoordinir oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Balai Rajo.

Ditanya mengenai status penduduk di wilayah tersebut, menurut Izhar lagi, sebagian besar merupakan warga pendatang dari berbagai daerah. Tapi penduduk pendatang di wilayah tersebut telah lama berdomisili dan resmi menjadi warga Desa Balai Rajo dan masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) desa tersebut.

“DPT masuk Balai Rajo,” ujar Izhar.

Izhar memastikan dari mata pilih tersebut tidak ada yang memiliki mata pilih dobel. Sebab sebagian dari pendatang lokal, seperti dari Rimbo Bujang, hanya memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang hanya satu.

Menurutnya, biasanya pendatang dari Rimbo Bujang meskipun memiliki kebun dan tempat tinggal di wilayah tersebut, tapi status kependudukan sebagai warga Rimbo Bujang. “Pendatang yang dari Rimbo Bujang atau pendatang lokal lainnya KTPnya dari daerah asal, karena dia sering pulang,” pungkas Izhar.(GO) 

Related News