Kabut Asap Selimuti Tebo, Warga terserang ISPA

Kabut Asap Tampak Diatas Sungai Batanghari
TEBOONLINE.COM, RIMBO BUJANG - Dampak Impor asap dari Provinsi Riau hampir semua Kecamatan di Kabupaten Tebo kabagian jatah asap yang menjadi kabut tebal hingga mengakibatkan terganggunya aktifitas dan kesehatan masyarakat                                                  
Kabut asap tampak menebal, sejak 3 hari terakhir dalam sepekan ini, seperti terjadi di Kecamatan VII Koto, Tebo Ulu dan Rimbo Bujang sekitarnya. Kabut tebal dapat terlihat dengan pandangan mata dari jarak tertentu.

"Ya benar pagi tadi sekitar jam 9.00 wib, di kawasan jalan pahlawan Wirotho Agung. kendaraan roda dua dan roda empat yang melintas  menghidupkan lampunya, karena jarak pandang 200 m tampak kabut tebal," ujar Parman warga Wirotho Agung pada Teboonline.com (16/3).                                                            

Hal senada disampaikan oleh Agus, yang berprofesi sebagai Wartawan  Harian Bungo Pos, dikatakannya sejak 3 hari terakhir ini, dirinya bertugas liputan di Kecamatan VII Koto dan Kecamatan Tebo Ulu, kabut terlihat tebal di daerah itu.

" Memang benar asap tampak tebal dari pandangan mata jarak jauh, sementara dari jarak dekat kabut tidak kelihatan, padahal kabut itu ada dimana - mana, akibat kabut asap saya terkena sesak nafas dan sampai demam," terang Agus.                                                                           

Sementara itu, Endita, tokoh masyarakat Rimbo Bujang, dikonfirmasi mengatakan, pihaknya meminta supaya Dinas Kesehatan Tebo dan jajarannya, lebih gencar lagi mengkampanyekan pemakaian Masker dan membagikan Masker kepada anak sekolah dan masyarakat.

"Untuk mengantisipasi merebaknya penyakit sesak nafas (ispa -red), kita berharap pihak Dinas kesehatan memperbanyak pengadaan dan penyaluran masker kepada anak sekolah dan masyarakat, " ujar Endita.                                                       


Ditambahkan oleh Endita, diminta pihak Instansi terkait lebih peduli adanya kabut asap yang dapat mengganggu aktifitas masyarakat. " Khusus kepada Dinas Kehutanan Tebo, untuk lebih meningkatkan pengawasan, terkait bahaya kebakaran hutan di Tebo, yang bisa berdampak lebih buruk lagi kondisi kabut asap di Tebo, "pungkas Endita.         (komet)   

Related News