DKPPP Tebo, Sidak Ke Pasar Sarinah

Tim DKPPP Saat Sidak Ke Pasar Sarinah
TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG  - Tim Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (DKPPP) Kabupaten Tebo, yang terdiri dari Kabid Pasar Asmuni,SAg dan Kasi Penempatan Pedagang Joko Kisworo dan di dampingi oleh Kasi Pemerintahan Kelurahan Wirotho Agung Amir Said, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pasar Sarinah Wiroto Agung, kamis (20/3).                                                                 

Sidak yang digelar kali ini, dalam rangka melakukan pendataan kembali, jumlah Ruko dan Kios yang ada di pasar sarinah, dengan tujuan untuk mendapatkan data yang akurat dan kendala yang ada dilapangan selama ini, terkait pemungutan retribusi kebersihan dan lainnya yang dikelola oleh DKPPP Tebo.                                                                                

Diketahui, hasil sidak meliputi pendataan eks SDN depan pasar sarinah, adanya gedung eks SDN tersebut ditumpangi untuk tempat tinggal oleh warga , untuk dibagian depan lokasi tersebut ditempati oleh pedagang kaki lima (PKL).                                                                        

Sementara, Ruko yang dihuni oleh pedagang yang ada di Pasar Sarinah, dalam hal penagihan retribusi kebersihan termasuk kategori masih lancar. Untuk kios masih ada ditemui kendala dilapangan, seperti satu orang pedagang memiliki 3 kios, namun yang dibayar retribusinya cuma 1 kios, hal tersebut yang terjadi selama ini.                                                                    

Tim juga menemui, adanya 40 lebih bangunan kios yang terkesan mubazir, tidak dihuni oleh pedagang, karena bangunan tersebut menghadap dapur bangunan Ruko yang ada, sehingga pedagang enggan menempatinya. Selain tersebut, 30 lebih bangunan kios yang terbuat dari kayu papan dengan kondisi sudah tua dan memprihatinkan, tidak layak pakai dan harus direnovasi.

"Yya, benar puluhan bangunan kios lama kondisinya sudah tidak layak pakai, dan harus di renovasi,"ungkap Asmuni,SAg Kabid Pengelolaan Pasar, saat dikonfirmasi Teboonline.com.                                                             

Untuk merenovasi puluhan bangunan tua, imbuh Asmuni, diperlukan lokasi dan tempat penampungan sementara, untuk pedagang yang kiosnya akan di renovasi. "Hal inilah yang menjadi PR pihak DKPPP dan instansi terkait, yang pasti pada prinsipnya temuan, kendala dan masukan yang konstruktif dari elemen terkait, akan kita tindak lanjuti, untuk kemajuan pasar sarinah, "ujar Asmuni.                                                                               

Terkait Ketua Pengurus pasar sarinah, yang dijabat oleh Tino Sukarto, yang masa periodenya sudah berakhir bulan Desember 2013 yang lalu, Kabid Asmuni menyarankan agar Tino Sukarto tetap meneruskan sebagai Ketua Pengurus Pasar Sarinah.

" Saya minta Tino Sukarto, tetap memimpin Ketua Pasar Sarinah, sembari menunggu keputusan secara administrasi yang diterbitkan dari DKPPP Tebo, " terang Asmuni.                                                              

Lurah Wirotho Agung, melalui Kasi Pemerintahan, Amir Said menyebutkan, menurutnya jabatan Ketua Pengurus Pasar Sarinah tidak boleh kosong, oleh karenanya Pihak DKPPP Tebo harus segera menindak lanjuti persoalan tersebut.              


" Kepengurusan Pasar Sarinah harus eksis, tidak boleh fakum, agar kegiatan program Pemerintah di Pasar Sarinah berjalan lancar," pungkas Amir Said. (komet)    

Related News