Bank Jambi Perlambat Pencairan Dana BSM

TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG – Sejumlah wali murid di Kecamatan Rimbo Bujang dan Rimbo Ulu mengeluh. Pasalnya, dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) yang berasal dari APBNP tahun 2013, yang semestinya cair pada bulan januari 2014 lalu, sampai saat ini tak kunjung cair.

Diketahui, dana BSM tersebut diperuntukan kepada siswa SD, SMP dan SMA dimana calon penerima tersebut didata oleh pengurus Partai PDIP. Selama ini, proses pencairan dana BSM tersebut dilakukan di Kantor Pos selalu lancar. Namun, kali ini diambil di Bank jambi dan ada indikasi dipersulit oleh pihak Bank jambi.

Seperti yang diungkapkan oleh salah seorang wali murid, Suwadi. “ Dana BSM yang cair melalui Bank Jambi dan didata oleh partai PDIP nampaknya dipersulit, padahal, calon penerima BSM sudah mengisi formulir pembuatan rekening dengan membayar Rp 20 Ribu/anak dan formulirnya dikumpulkan ke Bank jambi melalui pihak sekolah dan sekarang tinggal mencairkan di Bank Jambi,” tutur Suwadi kepada Teboonline.com, Senin (17/3).

Sementara, Ketua DPC PDIP Kabupaten Tebo, Wartono Triyan Kusumo, saat dihubungi Koran ini terkait hal itu membenarkan bahwa proses pencairan dana BSM di Bank Jambi terkesan dipersulit oleh pihak Bank Jambi itu sendiri.

“ Ya benar memang dipersulit, pernah pihak kita mengkonfirmasi kepada pihak Bank Jambi, namun jawabannya kalau proses pencairan dana BSM ini bukan urusan partai,” terang Wartono.

Dikatakannya, mestinya pihak Bank Jambi harus melihat akan pentingnya dana BSM tersebut terhadap siswa. Dana BSM ini lanjut Wartono, sudah ada di Bank Jambi dan tinggal proses pencairan saja. Apabila sampai lewat tiga bulan tidak juga dicairkan, maka dikhawatirkan dana BSM tersebut akan dikembalikan lagi ke Khas Daerah, tentunya kasihan siswa – siswa calon penerima yang sangat membutuhkan biaya tidak jadi menerima.

Diungkapkan Wartono, proses pencairan dana BSM selama ini dilakukan secara kolektif oleh pengurus partai atas kesepakatan Wali Murid dan dengan rekomendasi dari sekolah. Namun, pihak Bank Jambi menolak kalau proses pencairan dana BSM dikuasakan kepada pihak pengurus partai.

“Pihak Bank Jambi meminta agar proses pencairan dilakukan langsung oleh wali murid dan itu sudah dilakukan, tapi nyatanya dana BSM itu belum juga dicairkan sampai sekarang,” pungkas Wartono Caleg PDIP nomor urut 1 Dapil III Rimbo Bujang dan Rimbo Ulu.

Sementara itu, kepala Bank jambi Rimbo Bujang ketika akan dikonfirmasi terkait indikasi pihaknya telah mempersulit proses pencairan dana BSM, belum berhasil dihubungi. (crew)

Related News