Satu Napi Lapas Tebo, Kabur


TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Satu Narapidana (Napi) di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kabupaten Tebo, Senin (24/2) kemarin sekitar jam 09.00 WIB, kabur.

Kalapas Tebo, Rudi Sarjono mengatakan, membenarkan jika Napi Lapas Tebo atas nama Hairul Saleh, kabur saat memotong rumput di lapangan Apel Lapas Tebo.

" Iya kabur, dia kabur sekitar jam 9.00 WIB dan sekarang dalam pencarian," terang Kalapas kepada sejumlah Wartawan.

Lanjutnya, Hairul sudah menjalankan hukuman separo dari masa tahanan. Statusnya sudah asimilasi. Sayangnya, saat kita percaya untuk membersihkan rumput, malah dia melarikan diri.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Tebo AKP Ridwan Hutagaol dikonfirmasi mengatakan, saat Hairul Saleh diperintahkan untuk memotong rumput di lapangan apel Lapas Tebo, dengan mengunakan mesin pemotong rumput. Saat memotong rumput, Hairul diawasi oleh petugas Lapas.

" Selama ini pihak Lapas menilai Napi tersebut berkelakuan baik dengan status tahanan pendamping, makanya dia dipercaya untuk memotong rumput di lapangan apel Lapas," ujar Kasat.

Lanjutnya, pada waktu yang bersamaan, keluarga Hairul yang datang dengan tujuan untuk menjenguknya. Sayangnya ketika dilihat di lapangan apel, Hairul sudah tidak berada ditempat.  Sementara, mesin rumput yang digunakan untuk memotong rumput ditemukan petugas di belakang kantor Lapas.

" Diperkirakan Napi tersebut kabur lewat gerbang kantor Lapas sebelah kanan, karena pada saat kejadian gerbang sebelah kanan terbuka dan ada mobil pengangkut sampah yang mau mengambil sampah dari dalam Lapas," jelas Kasat lagi.

Kasat menambahkan,  menurut informasi Napi kabur ke arah Jambi dengan menggunakan kendaraan umum. Untuk menangkap Hairul, hari ini (kemarin,red) juga, pihaknya bersama petugas Lapas Tebo, tengah melakukan pengejaran. Selain itu, jajaran Polsek Tengah Ilir langsung melakukan razia di depan Polsek. (nug)

Related News