Polres Tebo Gelar Simulasi Pemilu, Kapolres : Kita Siap Mengamankan Pemilu

Simulasi Pemilu Legislatif 2014 Yang Dilakukan Oleh Polres Tebo

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Setidaknya ada empat simulasi yang diperagakan oleh Satuan anggota Polres Tebo dalam hal mengamankan jalannya pemilu. Simulasi dilaksanakan dengan melibatkan ratusan personil di lapangan eks MTQ perkantoran Pemkab Tebo, Kamis (13/2) kemarin.

Simulasi yang diperagakan diantaranya, pengunjuk rasa yang tidak puas tampak menyerang dan terlibat aksi saling dorong dengan polisi yang berjaga, bahkan para pendemo melempari dengan batu.

Untuk membubarkan para pendemo, Polisi antihuru-hara dan pengendalian masyarakat bersenjata lengkap menghadapi para perusuh dengan melepaskan gas air mata. Selain itu, juga dilakukan simulasi pengamanan dan penjagaan TPS dan kantor KPUD Tebo saat penghitungan suara akhir.

Kapolres Tebo AKBP. Indra Rathana dikonfirmasi mengatakan, untuk persiapan pihaknya sudah melaksanakan yang diawali dari tahapan pemilu.

Dijelaskannya, Simulasi digelar sebagai upaya untuk melatih jajarannya dalam pengamanan Pemilu pada 9 April 2014 mendatang. Dalam simulasi inipun dilibatkan personil dari TNI, Pol PP, KPUD Tebo dan Panwaslu Tebo. Selain itu, polisi senantiasa siap mengamankan dan menertibkan para pendemo yang rusuh.

Lanjutnya, ada beberapa TPS yang akan mendapat pantauan khusus dari polisi, dikarenakan medan menuju TPS tersebut sangatlah susah dan rawan serta harus melewati sungai.

" Ada lima TPS yang mendapat pantauan khusus, lima TPS tersebut berada di VII Koto dan VII Ilir," jelasnya usai gelar apel pengamanan Pemilu.

Kapolres menambahkan, jumlah TPS yang ada se Kabupaten Tebo sekitar 727 TPS, dan setiap TPS nantinya akan dijaga oleh dua dari Polisi, dua Linmas dan dibantu dari TNI.

" Kita akan menurunkan 428 personil dan akan dibantu TNI dan Linmas. Namun yang pasti, kita siap mengamankan jalannya Pemilu," pungkasnya. (crew)

Related News