Kuliner Indonesia Dipuji di International Gastronomy Forum Yunani

TEBOONLINE.COM - Kelezatan tiga jenis kuliner Indonesia mendapat pujian pada 7th International Gastronomy Forum, yang diselenggarakan oleh Chefs Club of Greece di Athena. 

"Para chef terkemuka di Yunani dan pengunjung booth Indonesia memuji keunikan dan kelezatan sate lilit, siomay dan kolak pisang," demikian Korfungsi Pensosbud KBRI Athena John Admiral kepada detikcom, Senin (10/2/2014). 

Event yang berlangsung selama empat hari, 7-10 Februari 2014, itu bertujuan untuk mempromosikan gastronomi baru Yunani dan diikuti oleh tujuh perwakilan negara serta partisipan dari industri pariwisata. 

Para partisipan dari perwakilan negara atau kedubes asing di Athena mendapat kesempatan unjuk kebolehan pada tema Gastronomic Avenues of the Nations pada Minggu (9/2/2014), di mana disyaratkan menampilkan tiga macam kuliner tradisionalnya masing-masing dengan bahan baku yang mudah didapatkan di Yunani. 

"Event ini adalah sarana tepat untuk strategi promosi kuliner Indonesia di luar negeri dengan harapan kuliner Indonesia dapat menjadi bagian dari khasanah kuliner global khususnya kuliner Yunani," ujar Duta Besar RI untuk Yunani Benny Bahanadewa. 

Menurut Dubes, saat ini kuliner telah dimanfaatkan secara luas oleh banyak negara sebagai salah satu bentuk strategi diplomasi publik yang efektif untuk memperkenalkan budaya bangsanya. 

"Setiap tahun KBRI Athena akan menampilkan kuliner Indonesia yang berbeda dalam event seperti ini," pungkas Dubes. 

Selain para partisipan top chef dan perwakilan asing, 7th International Gastronomy Forum di Athena ini juga dihadiri oleh perwakilan resmi lembaga pemerintah, kalangan industri pariwisata, serta kalangan akademik. 

Untuk pertama kali tahun ini diselenggarakan panggung khusus yang menampilkan kuliner Yunani- Polandia, dihadiri 35 tamu dari Polandia, termasuk para jurnalis, chef, dan kalangan pengusaha restoran dan hotel dari negara itu. (crew/sumber:detic.news)

Related News