Kasi PROPAM Periksa Senpi Agggota Polsek Rimbo Bujang

Kasi Propam Saat Cek Senpi Anggota Polsek Rimbo Bujang

TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Guna mengoptimalkan pengamanan jalannya Pemilu, aparat penegak hukum melaksanakan berbagai persiapan. Jika belum lama ini Polisi melakukan simulasi penanganan kerusuhan, kini giliran dilakukan pemeriksaan kelengkapan  senjata api (Senpi) milik setiap anggota polisi.

Kepala Seksi Propam Polres Tebo, IPDA Sugiono, saat dikonfirmasi Wartawan (25/20) mengatakan, pemeriksaan seperti ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap 6 bulan atau 1 tahun sekali. Tapi berkenaan dengan persiapan pemilu, pemeriksaan kelengkapan-kelengkapan Senpi juga kami laksanakan .

"Pengecekan meliputi dua hal, yakni berkaitan dengan kelengkapan surat izin dan kondisi fisik apakah terawat atau tidak. Dijelaskan, semua Senpi merupakan inventaris Polri. Namun ada yang dikuasakan kepada masing-masing anggota, tapi ada juga invetaris yang digunakan secara bersama-sama di setiap Mapolsek,"terang kasi propam.

Senpi yang dikuasakan ke masing-masing anggota harus sesuai dengan izin baik pemegangnya maupun masa berlakunya. Sementara untuk Senpi yang digunakan bersama-sama, juga dilengkapi dengan surat bagi anggota yang menggunakannya.

Ditambahkanya lagi, setiap anggota juga diminta untuk menunjukan Senpi masing-masing. Apakah setiap anggota melakukan perawatan atau tidak, hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan prosedur dalam penggunaannya.

"Jika dalam pemeriksaan ini ada izin yang sudah habis dan senjata yang tidak dirawat akan kita berikan teguran keras kepada anggota yang bersangkutan dan sesegera mungkin untuk memperpanjang surat izinya lagi," pungkasnya. (go)

Related News