Jaringan Listrik Desa Sungai Karang Dianggarkan Rp 900 Juta

Poto Ilustrasi

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO – Dinas Energi Sumberdaya Mineral (DESDM) Kabupaten Tebo, terus berupaya agar seluruh desa di Kabupaten Tebo teraliri listrik secara keseluruhan. Seperti diketahui, saat ini hanya tinggal 5 desa di Kabupaten Tebo yang belum tersentuh jaringan listrik. 

Empat desa diantarnya berada di Kecamtan Sumay yakni, desa Semambu, Suo-suo, Muaro Sekalo dan pemayungan, sedangkan satu desa lagi yakni desa Sungai Karang berada di Kecamatan VII Koto Ilir.
 
Agar lima desa tersebut menikmati jaringan listrik, Dinas ESDM Kabupaten Tebo, pada tahun ini mengajukan jaringan Lisdes kepada pemerintah pusat untuk empat desa di Kecamatan Sumay. Sedangkan untuk desa Sungai Karang akan dianggarkan melalui dana APBD 2014 sebesar Rp 900 Juta.
 
“ Kita akan terus upayakan agar kelima desa tersebut teraliri listrik, namun proses tersebut tidak gampang karena harus di usulkan ke pusat untuk mendapatkan program lisdes itu,” ujar Kadis ESDM Tebo Sindi Senin (3/2) kemarin.
 
Dijelaskannya, untuk Desa Sungai Karang sendiri yang dianggarkan melalui dana APBD 2014 sebesar Rp 900 juta baru sebatas pemasangan jaringan penghubung dari desa Balai Rajo menuju desa Sungai Karang. Jaringan tersebut nantinya juga belum akan sampai ke desa yang dimaksud, karena diperkirakan masih ada jarak sekitar 15 KM untuk benar-benar sampai ke Desa Sungai Karang.
 
“Jarak jaringan yang ada saat ini dengan desa Sungai Karang itu cukup jauh, jadi anggaran yang ada saat ini baru sebatas pemasangan jaringan penghubung dari Desa balai Rajo menuju desa Sungai Karang,” jelasnya.
 
Lanjutnya, mudah mudahan dengan dibangunnya jaringan penghubung tersebut, nantinya akan ada anggaran lagi agar jaringan benar-benar bisa sampai ke Desa Sungai Karang. (crew)

Related News