Hujan Abu Gunung Kelud Meluas Sampai Solo

Rumah warga di desa Pancot, Tawangmangu, Karanganyar - Solo juga tak luput terkena hujan Abu Gunung Kelud
//Poto diambil langsung oleh Kontributor Teboonline.com//

TEBOONLINE.COM, SOLO - Akibat erupsi Gunung Kelud yang terjadi pada Kamis (13/2) malam sekitar pukul 22.50 WIB sejumlah material dari perut gunung seperti abu dan pasir. Hujan abu dan pasir ini tidak hanya menutupi daerah sekitar gunung seperti Kediri, namun telah mencapai Solo.


"Hujan abu dari tadi, sekitar pukul 01.30 sampai pukul 05.00 WIB masih terjadi," kata salah seorang warga Solo, Aryo kepada Wartawan, Jumat (14/2) dini hari.


Kebun Cabe milik warga Karanganyar, Solo yang tersiram hujan Abu Erupsi gunung Kelud
//Poto diambil langsung oleh Kontributor Teboonline.com//


Abu yang berwarna putih kecokelatan menutup sebagian rumah warga dan jalan raya. "Ini pekarangan rumah saja sampai tertutup abu," ujarnya.

Selain Solo, warga Desa Pancot Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar, juga melaporkan terjadinya hujan abu di wilayah mereka. Ketebalan abu pun juga cukup tebal meski tidak sebanyak di Solo.


Dilansir Mitigasi BPBD Kediri, Jumat (14/2), sebaran abu yang dikeluarkan dari perut gunung telah mencapai pantai selatan di Pulau Jawa. Kawasan di Yogyakarta, Pacitan, Blitar dan sekitarnya juga dihujani abu vulkanik.



Sebaran abu tersebut terpantau langsung dari satelit cuaca MTSAT sekitar pukul 03.00 WIB. Diperkirakan, sebaran abu akan meluas mengingat letusan sisa letusan masih bertebaran di udara. (crew/sumber: merdeka.com)

Related News